Pengertian WAN

Pengertian WAN

Wide Area Network (WAN) adalah jaringan computer yang luas cakupannya bisa capai satu negara bahkan benua.  Membangun jaringan WAN perlu kabel serat optik (fiber optic), kabel telepon, atau bisa juga gunakan satelit. Oleh gara-gara jangkauannya yang luas, membawa dampak WAN perlu cost yang terlampau besar.

WAN sudah membawa transmisi kecepatan menjadi lebih dari 2 Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, 625 Mbps atau bahkan lebih. Faktor yang menjadi efek design dan performa jaringan ini tersedia terhadap siklus komunikasi semacam jaringan telepon atau satelit.

Jaringan WAN membawa karakteristik tersendiri, yaitu sebagai berikut:

- Umumnya digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat yang tidak bisa dihubungkan lewat jaringan LAN maupun MAN. Hal ini membawa dampak WAN bisa digunakan secara luas.

- Area jangkauan WAN terlampau luas. Oleh gara-gara itu, biasanya didalam WAN bakal melibatkan operator telekomunikasi. Tujuannya adalah agar perangkat-perangkat didalam jaringan WAN bisa jalankan komunikasi satu mirip lain.

- Jaringan WAN bisa jalankan pertukaran paket information atau frame antar router atau switch dan jaringan LAN yang telah dibangun.

- Jaringan WAN ini bekerja terhadap layer fisik dan terhadap layer information link dari layer OSI.

Fungsi WAN

Sebagai jaringan computer yang melebihi LAN dan MAN, WAN membawa faedah yang lumayan mentereng. Berikut adalah faedah dari jaringan WAN.

1. Membuat Arus Komunikasi jadi Mudah dan Cepat

WAN merupakan jaringan yang mencakup tempat yang terlampau luas dan membawa kecepatan yang mumpuni samasekali digunakan terhadap lokasi yang berbeda. Dengan WAN, komunikasi dua instansi yang beda lokasi bisa terjadi enteng dan cepat.

2. Mengintegrasikan Jaringan Lan dan Man

WAN juga menghubungkan dan mengintegrasikan jaringan yang kecil seperti MAN dan LAN. Ini bakal mempermudah perusahaan untuk mendapatkan Info dan perkembangan terkini.

3. Menghemat Biaya Operasional

Sekalipun terlihat mahal terhadap instalasi, WAN dinilai terlampau murah sekiranya digunakan oleh perusahaan yang dibatasi oleh negara atau bahkan benua. Hal ini bakal cocok bagi dua perusahaan yang dibatasi oleh lokasi tersebut.

4. Pengiriman Data yang Cepat

Perusahaan yang punyai banyak kantor bersama dengan jarak yang terlampau jauh selamanya bisa mengirim information bersama dengan cepat. Inilah faedah dari WAN yang memungkinkan perusahaan bisa mengirim information didalam kala singkat meski terpisah terlampau jauh bersama dengan lainnya.

5. Terhindar Dari Miskomunikasi

Jaringan WAN bakal mencegah terjadinya miskomunikasi gara-gara komunikasi itu sendiri bisa dikerjakan secara real-time terhadap jaringan WAN.

Kelebihan dan Kekurangan WAN

Sebagai jaringan computer bersama dengan skala luas, tentu WAN tidak terlepas dari berlebihan dan kekurangan. Berikut dijelaskan berlebihan dan kekurangan WAN secara umum.

Kelebihan WAN

- WAN memungkinkan pengguna untuk berbagi Info atau file lewat tempat yang lebih besar, hingga capai antar benua.

- Semua orang yang terdapat terhadap jaringan WAN bakal bisa gunakan information yang sama.

- WAN membawa proses jaringan yang luas dan besar agar bisa menjangkau negara, benua, bahkan seluruh dunia.

- Dengan gunakan koneksi workstations, jaringan WAN bisa digunakan untuk berbagi resources atau sumber daya.

Kekurangan WAN

- Karena jangkauannya yang terlampau luas, terlampau lumrah terkecuali WAN perlu cost operasional yang terlampau tidak sedikit.

- Dari aspek pengaturan atau penyetingan, jaringan WAN lebih susah dan rumit. Alat-alat yang dibutuhkan untuk membangun jaringan ini juga tidak murah.

- Jaringan WAN perlu keberadaan Firewall demi menghambat pengguna ilegal yang masuk. Selain itu, langkah ini juga punya tujuan untuk menghambat user yang ingin mengganggu jaringan.

- Skala jangkauan jaringan WAN yang luas membawa dampak jaringan ini rentan terhadap serangan dan ancaman dari dunia luar seperti hacker. 

Comments

Popular posts from this blog

Perusahaan Spesialis Mesin Cold Room Untuk Bisnis Sayuran

Jasa Pemasangan Mesin Evap COLD STORAGE

Distributor Mesin Pendingin Ruangan Untuk Bisnis Laboratorium di Yogyakarta