5 TIPS TERNAK DOMBA TEXEL UNTUK PEMASARAN - Lamongan Jawa Timur

Domba texel merupakan jenis domba pedaging yang umumnya dibudidayakan di seluruh Indonesia. Saat tidak bermain, berat Texel dewasa bisa mencapai 100 kilogram per ekor. Dalam kasus seorang wanita yang tidak hamil, berat badannya bisa mencapai 90 kilogram. Itu sebabnya tidak diragukan lagi Texel menjadi daging domba yang disukai.

 

Texel merupakan produk dari Pulau Texel yang terletak di Belanda Pada tahun 1950-an, Texel kini sudah dapat berkembang di Indonesia. Domba yang satu ini dikenal dengan nama lokal misalnya Dombos (Domba Wonosobo).

 

Nama tersebut diberikan karena 500 Texel menunjukkan pertumbuhan yang sangat baik ketika mereka masuk ke Indonesia pada tahun 50-an. Sampai saat ini, Wonosobo telah menjadi titik sentral Texel sebagai domba potong berkualitas internasional. Banyak peternakan menjual bibit domba Texel oleh individu dan pemilik ternak. Dengan sistem masif seperti ini, perkembangan Texel akan semakin cepat dalam beberapa tahun ke depan.

 

Kabar baiknya, Texel tidak hanya memanfaatkan dagingnya saja. Permintaan pasar akan produk dari domba ini tidak hanya terdiri dari daging, tetapi juga wol dan persilangan. Jadi, pemasaran Texel sangat luas dan dapat diterapkan untuk memaksimalkan keuntungan ekonomi Anda.

 

Cara dan Tips Texel Sheep Terbukti Sukses

 

Sebenarnya, ada banyak hal penting yang perlu Anda gunakan di peternakan Anda untuk keberhasilan budidaya Texel. Ada 5 hal penting yang perlu Anda kembangkan. Sebagai contoh, ketika memilih breeder Texel, breeder yang datang ke breeder harus memperhatikan kualitas fisik dan genetik. Untuk lebih detailnya, berikut akan kami bahas cara terbaik beternak domba texel dan proses budidayanya agar anda sukses dalam bidang pemasaran.

 

1. Pemilihan Peternak untuk Peternakan

Untuk dasar membangun peternakan Anda, pastikan Anda menggunakan domba Texel berkualitas baik. Alasannya adalah bahwa induk ini akan menentukan bagaimana kinerja anakan selanjutnya di F1, F2, F3, dan seterusnya. Jadi, pemilihan indukan perlu dilakukan secara selektif.

 

Ciri ciri breeder super texel ini adalah sebagai berikut :

 

a) Anda harus memiliki tubuh tinggi yang panjang, simetris, dan simetris. tubuh di kedua sisi kanan.

B) Selaput mata tidak tampak pucat, warna mata cerah dan jernih.

c) Tubuh berisi tetapi tidak terlalu gemuk. Domba yang terlalu gemuk atau menggumpal biasanya merupakan hasil dari defisiensi genetik.

d) Tidak ada cacat fisik pada ciri induk Texel ini, yang bisa langsung Anda amati. Contohnya termasuk tidak pincang atau buta, dan tidak bisu, dll.

E) Lubang hidung tampak basah (tidak terlalu basah dan tidak kering).

f) Untuk domba Texel jantan Ukuran testis tampak normal, dan Tonjolan sepanjang tulang kaki cenderung lebih besar atau lebih menonjol saat kita menyentuhnya.

G) Dalam kasus Texel betina, ambing tampak normal dan besar. Jumlah putingnya besar, dan aktif (ini penting agar keturunannya juga sehat).

 

H) Umur indukan minimal satu tahun atau lebih. Ini memastikan bahwa faktor fisik dan mental berada pada tingkat yang tepat untuk menghasilkan keturunan yang paling diinginkan.

 

Umumnya, saat mencari indukan jantan dan betina dimungkinkan untuk berbicara langsung dengan penjual. Anda harus mencari penjual seperti peternakan yang efisien, ramah, dan memberikan layanan berkualitas tinggi.

 

2. Faktor Kandang Harus Nyaman

Kandang domba harus nyaman dan cukup nyaman sehingga tidak berdampak buruk pada kesejahteraan psikologis ternak. Tidak jarang peternak meremehkan kandangnya, padahal kandang berfungsi sebagai elemen pendukung yang berpengaruh penting bagi pertumbuhan domba. Intinya, kandang untuk domba bakalan yang berumur minimal 9 bulan sudah bisa diletakkan di kandang biasa. Satu kandang menampung antara 5 hingga 10 burung sesuai dengan ukuran kandang.

 

Setelah mereka dewasa, Anda dapat memindahkannya ke kandang domba yang terpisah. Penting untuk memastikan bahwa domba terus bergerak bebas, berputar, tidur, dan sebagainya. Intinya, penggunaan yang Anda gunakan untuk stage enclosure atau ground cage Anda harus memperhatikan faktor kenyamanan ini.

 

Ciri-ciri kandang yang seimbang dan nyaman meliputi:

a) Kandang ini tampak bersih dan tidak ada kotoran yang menumpuk cukup lama.

B) Bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup dan karena itu bukan berarti tertutup rapat sehingga tidak ada sinar matahari yang bisa masuk.

C) Naungan dan tidak terlalu panas meskipun diperlukan agar sinar matahari dapat menembus, tetapi pastikan suhu di dalam tidak terlalu panas, agar domba merasa nyaman.

D) Jarak rumah minimal 5 meter dari rumah.

 

Dalam membuat kandang untuk domba perhatikan jarak antara kandang dengan lantai. Jarak standar untuk domba adalah sekitar 70 sentimeter. Sementara bagian atas depan lebih tinggi dari bagian belakang, untuk memastikan aliran hujan dan embun lancar thly.

 

3. Persilangan dengan Domba Fullblood

Jika betina Anda bernama Texel dan Anda memiliki keturunan Texel, maka Anda dapat mengawinkan domba fullblood dan mendapatkan anakan yang berkualitas baik. super. Misalnya, di Misalnya, dengan domba Dorper, dikenal karena dagingnya yang luar biasa.

 

Cara persilangan breed atau persilangan domba ini, merupakan elemen kunci dalam mempertahankan atau meningkatkan kualitas genetik dari breed-breed tersebut. Peternakan dapat melirik breed lain dengan kualitas tinggi dalam produksi daging atau untuk menargetkan keunggulan genetik tertentu.

 

Di pasaran, domba Texel yang sedang bunting dengan domba Dorper fullblood ditawarkan dengan harga tertinggi. Pada kelahiran pertama anak domba akan menghasilkan 1 anak, sedangkan pada kelahiran kedua dan selanjutnya, harganya bisa lebih besar dari itu.

 

Apa yang dapat Anda harapkan ketika Anda mencapai persilangan ini?

 

a) Membuat persilangan yang pertumbuhannya tinggi. Dengan perawatan yang tepat (tidak dimodifikasi secara genetik seperti ayam pedaging), peternakan yang Anda operasikan memiliki potensi untuk memanen hewan lebih cepat.

b) Lebih tahan lama, artinya tidak mudah sakit. Jika domba Texel memiliki kecenderungan sakit maka pertumbuhannya dapat terganggu. Sebaliknya peternak harus lebih memperhatikannya.

C) Daging berkualitas tinggi, rendah lemak dengan sedikit lemak. Daging jenis ini sering menjadi incaran pasar mancanegara.

 

4. Pemilihan Pakan yang Tepat

Menjadi domba pedaging Anda harus menyadari pola makan Texel. Anda harus memastikan bahwa pakan tersebut kaya akan kandungan serat yang cukup, terutama sumber serat alami seperti rumput. Saat memelihara domba di kandang komunal, Anda dapat menggunakan pakan konsentrat khusus untuk domba.

 

Beberapa ide feed yang bisa Anda terapkan untuk mendongkrak pertumbuhan Texel adalah sebagai berikut:

 

a) Hijauan dan pakan untuk domba dengan persentase 10 persen dari beratnya. Jadwal pemberian pakan berdasarkan kebiasaan peternak sendiri, biasanya 2 kali sehari.

B) Pakan fortifikasi khusus yang dirancang khusus untuk indukan yang bunting, indukan menyusui, jantan siap kawin, domba dan domba yang hampir gemuk. Pakan fortifikasi terdiri dari dedak serealia, dedak padi, bungkil kelapa, kacang-kacangan, dan lainnya.

c) Garam dan tambahan nutrisi khusus lainnya untuk domba potong sebagai sumber mineral yang membantu pertumbuhan ternaknya.

 

Pakan fermentasi bisa menjadi alternatif yang bagus untuk menurunkan harga produksi pakan domba. Namun, sebelum Anda dapat memfermentasi pakan, Anda perlu mengenal domba terlebih dahulu. Tiba-tiba mengganti pakan utama menjadi fermentasi bisa menjadi penyebab domba tidak mau makan.

 

5. Penjualan Produk Peternakan (Daging dan Domba)

Cara menjual domba Texel bisa berupa produksi dan produk dagingnya atau bahkan menjual bibit yang dipelihara. Teknik penjualan terbaik akan mendongkrak proporsi penjualan domba. Untuk memastikan bahwa ada sirkulasi keuangan di peternakan. Ini, pada gilirannya, menciptakan keuntungan ekonomi bagi peternak. Saran berikut adalah untuk menjual domba yang mampu menghasilkan keuntungan bagi peternakan Anda.

 

A) Pemasaran domba di pasar hewan. Cara menjual domba ini paling umum digunakan dan diterima. Pembeli dapat ditemukan langsung dalam hitungan menit. Jangkauan layanan juga dibatasi biasanya, hanya yang berasal dari suatu daerah.

 

B) Mendistribusikan brosur untuk periklanan offline. Potensi Texel sangat besar karena berbahan dasar daging domba yang biasa digunakan untuk hewan kurban. Dengan demikian, lokasi terbaik untuk tujuan pemasaran ini adalah dengan menyebarkan brosur di masjid, restoran, atau lokasi publik lainnya.

 

C) Memanfaatkan aplikasi perpesanan dan media sosial. Media sosial adalah cara terbaik untuk memperluas jangkauan hubungan dalam pemasaran Texel untuk domba. Anda bisa memperkenalkan peternakan sekaligus ternak ke media sosial, seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, Twitter, TikTok, dan YouTube.

 

D) Pemasangan produk ternak di website dan di marketplace. Ini adalah cara melakukan sesuatu dengan cara modern yang memiliki banyak potensi dalam waktu dekat. Karena website dan marketplace tidak terpengaruh dengan berjalannya waktu. Sebenarnya, semakin tua Anda, semakin penting Anda untuk mesin pencari.

 

Jual Domba Texel Kepada Mitra Yang Tepat

 

Banyak sekali peminat domba texel, dewasa, dan juga ibu hamil. Selain memasarkan melalui berbagai channel yang memanfaatkan kemajuan teknologi atau kerjasama dengan farm lain, Anda juga bisa bekerja sebagai bagian dari farm lain, seperti GibasBarokah.com. Cara ini menjadi simbiosis yang saling menguntungkan. Dalam hal ini, Andalah yang menentukan nilai pasar bagi hasil ternak domba Anda. Tentu saja, harga harus masuk akal dengan mempertimbangkan faktor genetik dan fisik domba.

 

Jika cukup makan dan berkualitas baik, Anda akan mendapatkan harga terbaik. Begitu pula sebaliknya, jika keadaannya tidak ideal dan bahkan jika generasi berikutnya sulit, biayanya bisa lebih rendah dari rata-rata pasar.

 

Itu sebabnya meningkatkan kualitas keseluruhan dan kondisi seluruh ternak di peternakan sangat penting. Karena itu akan mempengaruhi berapa harga jual domba di masa depan. Untuk meningkatkan kualitas dan Kualitas ternak, Anda bisa mengawinkan silang seperti di atas dengan domba fullblood yang terbukti memiliki kualitas terbaik.

 

Membawa domba fullblood sebenarnya adalah aset investasi. Seekor pejantan berpotensi mengawinkan lebih dari 25 betina. Sisi genetik domba jantan yang menentukan hasil galur di peternakan, apakah kualitasnya meningkat atau tidak. Berikut beberapa ide tentang cara beternak domba Texel, jenis daging yang sangat digemari di Indonesia. Harga jual beli yang relatif stabil membuat para peternak tidak ragu lagi untuk mengembangbiakkan domba jenis ini. Salam sukses untuk semua peternakan di seluruh Indonesia!

 

#dombatexel #texel #hargadombatexel #texelwonosobo #texeljantan #dombos #dormas #jualtexel

Comments

Popular posts from this blog

Perusahaan Spesialis Mesin Cold Room Untuk Bisnis Sayuran

Jasa Pemasangan Mesin Evap COLD STORAGE

Distributor Mesin Pendingin Ruangan Untuk Bisnis Laboratorium di Yogyakarta